Home Top Ad

Responsive Ads Here

Tarakan, Kalimantan Utara Ukuran: 51,3 cm x 45,7 cm Peta ini ASLI, LIMITED EDITION, dan dibuat puluhan hingga ratusan tahun lalu. Sang...

JUAL PETA KUNO TARAKAN, KALIMANTAN UTARA, MASA KOLONIAL BELANDA


Tarakan, Kalimantan Utara
Ukuran: 51,3 cm x 45,7 cm

Peta ini ASLI, LIMITED EDITION, dan dibuat puluhan hingga ratusan tahun lalu. Sangat langka dan merupakan koleksi berharga yang bergengsi. Dengan mengoleksinya, nama Anda akan tercatat sebagai kolektor peta kuno.

Tarakan adalah sebuah kota di Provinsi Kalimantan Utara, Indonesia dan juga merupakan kota terbesar di sana. Menurut cerita rakyat, nama "Tarakan" berasal dari bahasa tidung “Tarak” (bertemu) dan “Ngakan” (makan) yang secara harfiah dapat diartikan “Tempat para nelayan untuk istirahat makan, bertemu serta melakukan barter hasil tangkapan dengan nelayan lain.

Pada tahun 1896, sebuah perusahaan perminyakan Belanda, BPM (Bataavishe Petroleum Maatchapij) menemukan adanya sumber minyak di pulau ini. Banyak tenaga kerja didatangkan terutama dari Pulau Jawa seiring dengan meningkatnya kegiatan pengeboran. Pada tahun 1923, Pemerintah Hindia Belanda menempatkan seorang Asisten Residen di pulau ini yang membawahi 5 wilayah, yakni: Tanjung Selor, Tarakan, Malinau, Apau Kayan dan Berau.

Jika berminat, silakan hubungi lewat WA: +66803892031
Atau hubungi Facebook saya: https://www.facebook.com/bambang.sudarso30

0 comment: