Home Top Ad

Responsive Ads Here

Kaart van het aan den heer croll in er erfpacht afgestane terrein tot oprichting van een reparatie-werf met dokgelegerheid te TANDJONG PRI...

JUAL PETA KUNO PELABUHAN TANJUNG PRIOK (JAKARTA)

Kaart van het aan den heer croll in er erfpacht afgestane terrein tot oprichting van een reparatie-werf met dokgelegerheid te TANDJONG PRIOK
Tahun: 1908
Ukuran: 42 cm x 62 cm
Skala: 1:4.000

Peta ini ASLI, LIMITED EDITION, dan dibuat puluhan hingga ratusan tahun lalu. Sangat langka dan merupakan koleksi berharga yang bergengsi. Dengan mengoleksinya, nama Anda akan tercatat sebagai kolektor peta kuno.

Pemerintah Hindia Belanda mengembangkan kawasan Tanjung Priok sebagai pelabuhan baru Batavia pada akhir abad kesembilan belas untuk menggantikan pelabuhan Sunda Kelapa yang berada di sebelah baratnya karena telah menjadi terlalu kecil untuk menampung peningkatan lalu lintas perdagangan yang terjadi akibat pembukaan Terusan Suez. Pembangunan pelabuhan baru dimulai pada tahun 1877 oleh Gubernur Jenderal Johan Wilhelm van Lansberge (1875-1881). Beberapa fasilitas dibangun untuk mendukung fungsi pelabuhan baru, antara lain Stasiun Tanjung Priok (1914).

Pelabuhan Tanjung Priok merupakan suatu pelabuhan laut dalam yang pertama di mana kapal-kapal dapat bersandar, memuat batubara dan diperbaiki di suatu dok yang kering. Sebuah jalan kereta api juga dibuat untuk menghubungkan Tanjung Priok dengan kota lama Batavia dan daerah baru di selatan. Bermula dari kritik atas kelemahan fasilitas pelabuhan lama di Batavia, Tanjung Priok sampai sekarang tetap eksis sebagai pelabuhan penting bagi Jakarta untuk lalu lintas kapal-kapal besar.

Jika berminat, silahkan hubungi lewat WA: +66803892031

Atau hubungi Facebook saya: https://www.facebook.com/bambang.sudarso30

0 comment: